Ayo Kenalan Dengan Drum

Setelah bahas tentang cara merawat gitar kamu, nah kali ini kita beralih ke alat musik lain nih: drum, drum yang kita bahas sekarang adalah alat musik drum moderen atau drum-kit atau disebut juga drum-set. Sebelum kita bahas segala hal tentang drum, kita bahas tengan bagian-bagian gitar dulu, jadi kamu juga nggak bingung nanti saat kita bahas tentang salah satu jenis alat musik yang dipukul ini,
so drummer, let’s drumming!

bagiandrum

Drum terdiri dari bermacam-macam alat yang menjadi satu kasatuan. Nah, bagian-bagian itu punya fungsi beda-beda, inil bagian-bagian dari drum:

1. Snare

Snare itu bagian drum yang dilengkapi dengan beberapa baris tali senar-snare wire (terbuat dari kabel baja, atau plastik) yang direntangkan melintang di membran yang terdapat pada sisi bagian bawah. Jika head (membran bagian atas) kamu pukul, maka snare wire di bawah akan merespon dengan cara ‘memukul’ balik membran bagian bawah dan menghasilkan suara yang tajam. So, sebenarnya snare wire itu ‘nyawa’ dari snare drum. Kalo snare wire dilepas maka suara yang keluar hampir mirip dengan tom-tom.

Snare merupakan salah satu komponen drum terpenting pada drum.

Snare drum ini biasanya berukuran 10″-15″(inci), tapi yang umum dipakai adalah 14″

2. Tom-tom

Tom-tom adalah drum bagian dari drum-set yang berbentuk silinder, tapi nggak punya snare wire seperti snare drum. Tom-tom terdiri dari banyak macam ukuran, baik kedalaman atau diameternya. Ukuran tom-tom 14″ keatas digolongkan sebagai floor tom-tom, tapi tergantung dari peletakannya juga. Tom-tom menggunakan drumhead atas dan bawah.

3. Bass Drum

Bass drum bagian dari drum set yang punya ukuran besar dan berbentuk silinder juga, bass drum menghasilkan suara dalam intonasi rendah. Ukuran bass drum mulai dari 16″ sampai dengan 24″ bahkan 26″ atau lebih. Namun yang biasa digunakan adalah ukuran 22″. Bass drum dipukul dengan alat bantu yaitu pedal.

4. Cymbal / Simbal

Simbal adalah instrumen perkusi yang umum yang di pakai dalam alat musik drum. Simbal berbentuk lempeng bundar yang tipis, yang terbuat dari campuran logam yang bertujuan untuk menghasilkan suara untuk mengimbangi ketukan drum. Dalam drum set, simbal terdiri dari beberapa jenis, seprti ride, crash, crahs ride, splash, hi-hat, china en ada juga jenis simbal lain yang tidak umum digunakan seperti sizze cymbal dan bell cymbal. Untuk lebih jelasnya tentang simbal, Pondok Daud Musik bakal jelasin nanti.

5. Hardware

Hardware dalam drum terdiri dari pedal untuk memukul bass drum, hi-hat stand untuk menepatkan hi-hat cymbal, cymbal stand untuk menempatkan simbal, snare stand untuk meempatkan snare , tom holder atau tom stand untuk menempatkan tom-tom.

Nah, itu sekilas bagian-bagian dari drum, untuk penjelasan spesifik nanti Pondok Daud Musik jelasin di posting yang lain, stay tune @pondokdaudmusik.wordpress.com!