Abe Song

Persiapan Standar Gitaris Sebelum Masuk Studio Rekaman

Bandar Lampung, 14 September 2015

PondokDaudMusiCare— Masuk studio untuk rekaman bisa jadi adalah hal yang membuat stress, apalagi jika itu adalah pengalaman pertama. Meskipun begitu, tekanan stress ini dapat disalurkan dengan baik dengan melakukan persiapan sebelum melangkah masuk studio. Yang perlu diingat, persiapan sebelum rekaman adalah saat yang paling penting. Gagal dalam mempersiapkan sama saja dengan mempersiapkan kegagalan. Jadi telitilah sebelum melangkah masuk ke studio rekaman. Berikut adalah hal-hal yang harus diperhatikan sebelum masuk studio rekaman :

1. Mengganti Senar Gitar
Kita boleh saja mempunyai gitar mahal, deretan pedal efek, dan ampli butik, tetapi tidak akan maksimal tanpa senar yang baik. Kenali karakter senar gitar yang kita butuhkan dari materialnya, apakah Nickel-Wound, Pure-Nickel, Stainless-Steel, Coated, dan lain-lain, serta ukuran yang biasa kita pakai. Siapkan juga set senar cadangan untuk mengantisipasi ketika senar yang terpasang putus. Ingat juga, jangan pernah memasang senar gitar pada tuning machine kurang dari tiga lilitan. Lilitan yang minim membuat senar gampang fals dan putus.

2. Memiliki Tuner dan Kabel Instrumen

Hal yang sering ditemui adalah para gitaris yang merepotkan diri dengan rangkaian efek tetapi mengabaikan piranti utama. Tuner dan kabel adalah dua item yang seharusnya dimiliki setiap gitaris. Tuner untuk memastikan senar gitar kita selalu in-tune, dan kabel instrumen untuk memastikan kestabilan aliran sinyal yang dikirim dari gitar ke rangkaian efek dan ampli.

Untuk tuner, ada banyak pilihan yang tersedia di toko musik. Clip-on sepertinya menjadi pilihan terbaik karena bentuknya yang kecil dan harga yang rata-rata bersahabat.

Kabel BespecoUntuk kabel instrumen, jangan mengandalkan kabel yang nantinya ada di studio karena tidak semua studio sadar akan kebutuhan kabel berkualitas. Dalam kenyataannya, kendala di perkabelan sering menjadi sumber stress dan merusak mood dalam proses rekaman.

3. Berlatih Dengan Metronome

Korg Metronom
Korg Metronom

Metronom adalah keharusan standar dalam proses rekaman. Karena itu, berlatihlah membiasakan diri diiringi metronom sampai merasa nyaman. Bisa karena biasa. Kalau tidak biasa, yang seringnya nanti terekam adalah permainan gitar yang kaku dan steril.


Ingin tahu lebih lengkap tentang kursus musik di Pondok Daud MusiCare dapat menghubungi admin yaa (0721) 264685 😉Jangan lupa juga untuk follow twitternya @PondokDaudMusik dan Like Page-nya Facebook.com/studentonstage” untuk mengetahui kegiatan seru di Pondok Daud MusiCare 😉