Sayangi Gitar-mu, Rawat Gitar-mu

Banyak orang yang menyebut dirinya gitaris tapi kalau urusan yang satu ini (merawat gitar) sering diabaikan,
are u really a guitarist? yes, maybe u can call u’rshelf a guitarist, but not a professional guitarist. Jangan bangga kalau hanya sekedar ‘bisa bermain gitar’ atau bahkan ‘ahli bermain gitar’, it’s ordinary, n common people do it. Let’s be pro.

Seperti kata-kata di Pondok Daud Musik selalu ingatkan: Building Attitude by Music, mulailah membangun attitude atau sikap kamu dari alat musik yang kamu pakai, dan sekarang kita akan belajar dari alat musik gitar, bass termasuk ya? bass kan termasuk gitar juga, alat musik yang lain menyusul. Berikut ada beberapa tips yang Pondok Daud Musik yang di dapat dari salah satu blog,

1. Memiliki Case

Seperti manusia yang punya rumah, gitar juga perlu tas biar terlindung daru kotoran yang ada di luar termasuk debu atau benturan. Case paling utama diperlukan kalau kamu seing bawa gitar kamu keluar atau konser.

2. Senar yang Bersih

Paling tidak seminggu sekali bersihkan senar gitar kamu. Para peneliti beranggapan kalau saat bermain gitar, tanpa sadar manusia mengeluarkan keringat yang cukup banyak dari tangannya. Ini karena kerja otak dan gerak tangan yang cukup menguras energi. Hal ini jarang disadari oleh para gitaris.

Lihat gitar kamu, apakah banyak daki di setiap permukaan yang dibatas itiap fret-nya (fretboard)? itu disebabkan karena setelah bermain gitar, senar gitarmu terkena keringat, juga kotoran, debu dan lain-lain. Kalau kamu nggak rajin bersihkan senar gitar kamu, maka senar gitar kamu akan muncul karat, yang kemudian bisa merusak fret gitar kamu, kalau fret sudah rusak, biaya servisnya bakal lebih mahal dari biaya merawatnya, nah?

Senar gitar dapat dirawat dengan cara dilap dengan bahan kaos yang lembut, bila perlu di basahi dengan cairan yang khusus untuk membersihkan senar gitar, di Pondok Daud Musik juga ada kok.

3. Kendorkan Senar Gitar

Selain membersihkan senar, kamu juga perlu mengendorkan senar gitar kamu bila tidak dipakai dalam jangka waktu yang lama. Hal ini juga supaya neck gitar tidak melengkung.

Senar gitar yang di setel adalah tali yang ditegangkan. dan penegangan ini akan menarik dua sisi yang menegangkan. Pada gitar, tarikan akibat ini bisa membegkokkan neck, walau kemugkinannya kecil.

4. Letakkan yang Benar

Meletakan gitar yang benar adalah terlentang, dengan bagian neck bersenar menghadap ke atas. Biasanya, setelah memainkan gitar orang akan meletakan gitar pada posisi ujung neck bagian atas di tempelkan di dinding, sedangkan body gitar di permukaan lantai, Hal ini nggak baik untuk gitar karena akan membuat neck bengkok perlahan-lahan.

Dan satu lagi, cara yang terbaik adalah dengan meletakannya pada stand gitar, stand gitar dirancang sedemikina rupa supaya tidak merusak gitar.

5. Bersihkan Body Gitar

Lap gitar kamu dengan bahan kaos yang lembut (biasanya bahan katun) dengan cairan yang khusus untuk bahan kayu. Untuk fret dan bagian gitar lain yang bernahan logam, gunakan cairan pembersih khusus untuk logam juga,

6. Ganti Senar Gitar Kamu

Kalau senar gitar kamu sudah berkarat, terlebih jika suaranya sudah tidak enak di dengar, dan merusak fret gitar, maka baiknya kamu harus ganti senar gitar.

Biasakan untuk menggantik senar gitar kamu satu set sekaligus. Hal ini untuk mencegah perbedaan warna suara antara senar baru dan senar lama. Jadi kalau senar kamu suda lama dan putus salah satunya, disarankan untuk mengganti semuanya.

7. Bersihkan Fretboard

Fretboard adalah tempat bersarangnya daki akibat keringat dan jari dan kotoran. Jika dibiarkan terlalu lama, bisa menjadi kerak. Setiap kamu mengganti senar, sekalian bersihkan fretboard-nya.

Tapi ingat, kalau kamu membersihkan fretboard, gunakan benda tumpul, jangan runcing. Gunakanlah misalnya pick gitar, jangan pisau. Cos kalau pakai benda tajam, dikuatirkan akan mengikis fretboard-nya. Trus setelah bersih, dilap lagi dengan bahan kaos.

tanglewoodguitar

Tanglewood, TSF CE N. Kalo gitar kita bersih dan terawat, pasti terlihat keren dan suranya pun enak didengar, kan?