Sepanjang Apa Kabelmu? Pedal FX Ber-Buffer dan True-Bypass (bagian I)

Artikel ini bermaksud untuk meluruskan sebuah topik yang seringkali kabur karena kurang informasi, menyajikan fakta dan menolong pembaca mengambil keputusan berdasarkan pengetahuan tentang penggunaan pedal FX ber-buffer dan true-bypass, untuk mendapatkan tone yang terbaik.

Bagi para gitaris, tone yang sempurna adalah keharusan. Tetapi bagaimana mendapatkannya? Dengan sekian banyak pernak-pernik gitar yang tersedia dan sekian banyak informasi yang saling bertentangan, kita akan mencoba menjernihkan beberapa kebingungan mengenai jalur sinyal gitar, pedal efek (true-bypass dan ber-buffer), dan hal-hal lain yang mempengaruhi tone gitar.

1. Hampir semua gitar listrik berimpedansi tinggi (high-impedance).

Fakta awal ini mungkin yang paling mempengaruhi tone lebih dari faktor-faktor yang lain. Impedansi adalah ukuran tahanan elektronik (electronic-resistance): semakin panjang jalur sinyal, semakin tinggi hambatannya. Dengan output gitar berimpedansi tinggi, semakin panjang jarak antara gitar dan ampli akan mempengaruhi tone, disebabkan hambatan yang terdapat pada kabel yang menghubungkannya.

Dalam rentang kabel 5,5 meter, dengan jelas kita dapat mendengar perubahan dalam tone gitar – biasanya kehilangan frekuensi tinggi (treble) – yang diakibatkan karena berjalannya sinyal berimpedansi tinggi melewati panjang kabel. Dan semakin panjang kabel yang digunakan, semakin besar pengaruh negatifnya terhadap tone, ditambah lagi dengan desain dan kualitas kabel.

Bagaimana kita tahu kalau gitar kita mempunyai output berimpedansi tinggi? Jika memakai pickup pasif (tidak memerlukan perangkat dengan batere), berarti mempunyai output berimpedansi tinggi. Tetapi jika memakai pickup aktif (dengan perangkat preamp menggunakan batere), berarti berimpedansi rendah.

Sejauh ini, gitar dengan pickup pasif adalah yang paling umum ditemui, sehingga output yang umum dari gitar adalah output berimpedansi tinggi.

2. Kita biasanya menggunakan kabel yang panjangnya lebih dari 5,5 meter.

Mari berhitung: panjang kabel dari input ampli ke lantai sekitar 1,5 meter, dari lantai ke pedal efek 3 meter, yang berarti sudah menghabiskan panjang kabel 4,5 meter. Kenyataannya, panjang kabel yang digunakan biasanya antara 6 sampai 7,5 meter, sehingga kita mempunyai cadangan untuk merangkai beberapa pedal FX. Selanjutnya panjang kabel dari gitar ke rangkaian pedal efek biasanya antara 6 sampai 7,5 meter, untuk memberi ruang gerak bagi gitaris. Dengan total panjang kabel yang digunakan antara 12 sampai 15 meter, dapat dipastikan kehilangan kualitas tone yang terjadi karena panjangnya rentang kabel dari gitar sampai ke ampli.

(Bersambung)

Disarikan dari: http://www.bossus.com/boss_users_group/article.php?ArticleId=1633