Sepanjang Apa Kabelmu? Pedal FX Ber-Buffer dan True-Bypass (bagian II)

3. True-bypass Tidak Membantu
Hal yang sangat sering didengungkan adalah kalau pedal true-bypass akan memberikan tone yang lebih baik. Letak permasalahannya sebenarnya bukan di situ.
Penjelasannya adalah, dari definisi true-bypass berarti sinyal dari gitar akan melewati pedal dengan tidak terwarnai ketika pedal dalam keadaan off

Pertimbangkan berikut ini: mari berasumsi kalau kita hanya punya satu pedal efek – true-bypass – dalam rangkaian kita. Ketika dalam keadaan on, pedal efek akan melakukan sesuatu untuk sinyal dari gitar kita, sesuai dengan fungsi peruntukannya. Tetapi ketika dalam keadaan off, kita melepaskan semua unit yang akan mengubah tone gitar kita, dan hanya ada kabel yang dari gitar sampai ke ampli. Hal ini membuat kita terjebak pada pengaruh negatif kabel yang panjang terhadap tone seperti yang dijelaskan di bagian I. Usaha untuk menjaga tone kita tetap terpelihara melalui pedal efek true-bypass malahan membuat tone menjadi berubah tidak lebih baik. Kesalahan tidak terletak pada pedal efeknya. Masalah paling fundamental adalah terjadinya degradasi sinyal ketika melalui kabel yang panjang.


4. Pedal Ber-buffer Membantu

Untuk alasan inilah semua pedal Boss menyertakan sirkuit bufferBuffer berfungsi untuk memperkuat sinyal berimpedansi tinggi secara elektronik sehingga sanggup melewati kabel yang panjang tanpa terdegradasi. Ketika menggunakan pedal ber-buffer, tone kita akan bersih dan tetap konsisten – dalam keadaan pedal on atau off – sampai di kisaran panjang kabel 30 meter setelah pedalHal ini dimengerti oleh para desainer pedalboard sehingga dalam desainnya selalu menyertakan buffer dalam rangkaian yang mereka susun, dengan sirkuit custom maupun pedal Boss.

(rasanya belum pernah melihat pedalboard gitaris-gitaris profesional tanpa ada Boss di rangkaiannya).

(Bersambung)

Disarikan dari: http://www.bossus.com/boss_users_group/article.php?ArticleId=1633