Sepanjang Apa Kabelmu? Pedal FX Ber-Buffer dan True-Bypass (bagian III)

Penggunaan Pedal Ber-Buffer

Banyak gitaris yang menggunakan pedal true-bypass mendapati bahwa menempatkan pedal Boss di awal atau di ujung rangkaian pedal dapat mengurangi pengaruh yang tidak menguntungkan pedal true-bypass tersebut pada sinyal berimpedansi tinggi. Ini adalah satu dari banyak alasan mengapa pedal Boss TU-3 Tuner begitu populer. Disamping sebagai tuner, menempatkan Boss TU-3 di awal rangkaian pedal efek akan menyangga atau memberi buffer pada sinyal sebelum memasuki pedal berikutnya, dan menghilangkan efek negatif dari on/off pedal true-bypass terhadap sinyal berimpedansi tinggi.


Beberapa jenis pedal yang membutuhkan perlakuan khusus seperti pedal fuzz yang menggunakan transistor germanium, mendapatkan sound terbaiknya ketika langsung disambungkan dengan gitar. Dalam situasi ini, kita dapat menempatkan pedal Boss di tengah-tengah atau di ujung rangkaian efek untuk mendapatkan buffer pada sinyal – dengan tetap menjaga kabel sependek mungkin dari gitar ke pedal fuzz bertransistor germanium.
Keuntungan lain dari menggunakan pedal Boss adalah kita dapat langsung menghubungkannya langsung ke mixer dengan tetap mempertahankan tone yang baik. Biasanya, ketika gitar langsung dihubungkan ke mixer, tone yang dihasilkan cenderung tipis dan kasar karena perbedaan impedansi. Dengan menaruh pedal Boss di antara gitar dan mixer, sinyal kita medapatkan perlakuan khusus, sehingga tone-nya terpelihara. (Meskipun pada umumnya, sangat jarang menghubungkan gitar langsung ke mixer).

Menjaga Keutuhan Tone

Disini kita tidak memperdebatkan kualitas suara efek true-bypass dengan efek ber-buffer, tetapi fakta sederhananya adalah: jika rangkaian efek kita menggunakan lebih dari 5,5 meter kabel, kita akan mengalami degradasi tone (terutama di frekuensi tinggi), dan pedal true-bypass tidak dapat melakukan hal apapun untuk mengatasi hal ini. Tetapi ini dapat diatasi dengan menggunakan pedal ber-buffer, sehingga para desainer pedalboard dalam desainnya selalu menyertakan buffer dalam rangkaian yang mereka susun, dengan sirkuit custom maupun pedal Boss.

Sila melihat tayangan berikut yang mendemonstrasikan pengaruh negatif kabel yang panjang dan bagaimana penggunaan pedal Boss dengan buffer dapat menyangga tone.

Disarikan dari: http://www.bossus.com/boss_users_group/article.php?ArticleId=1633